Tuesday, November 12, 2019

Tutorial Unity #01 - Pro Builder (Introduction)

Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan Variable. Selain itu tutorial ini akan mengupas sedikit tentang penggunaan Pro Builder pada Unity.


Langkah pertama buat aplikasi baru dengan Unity



SATU PROJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA SCENE (1-n) yang ditunjukkan pada panel Project Assets


SATU GAMEOBJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA COMPONENT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Inspector.

Dan, SATU COMPONENT Unity, terdiri dari BEBERAPA VARIABLE (1-n) yang juga ditunjukkan pada panel Inspector.




Pembuatan Level

Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat level sederhana dengan Unity. Caranya akses menu GameObject > 3D Object > Plane




Atur Plane di tengah kamera dan atur Scalenya 10,1,10 




Buat material dengan cara klik kanan pada panel Assets > Material


Ganti warnanya misalnya menjadi MERAH


Pasang Material tersebut pada Plane. Sip! Jadi deh


Selanjutnya kita akan tambahkan package PRO BUILDER. Caranya? Klik menu Window > Package Manager


Cari package PRO BUILDER dan klik INSTALL


Setelah proses instalasi selesai, akses menu Tools > ProBuilder > ProBuilder Window


Klik icon change icon, dan pilih USE ICON MODE


Kalau tampilan menunya sudah seperti ini berarti sudah benar.




Cara membuat Cube

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CUBE



Atur nilai parameter yang dibutuhkan, kemudian klik tombol BUILD




Cara membuat Prism

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PRISM


Atur nilai parameter yang dibutuhkan kemudian klik BUILD



Cara membuat Stair

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek STAIR


Atur nilai parameter yang dibutuhkan kemudian klik BUILD



Cara membuat Cylinder

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CYLINDER


kemudian atur nilai parameter yang dibutuhkan dan klik BUILD



Cara membuat Door

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek DOOR


atur parameternya kemudian klik BUILD



Cara membuat Plane

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PLANE


atur parameternya sesuai yang dibutuhkan kemudian klik BUILD


Cara membuat Pipe

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PIPE


atur parameternya sesuai yang dibutuhkan kemudian klik BUILD



Cara membuat CONE

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CONE


atur parameternya sesuai yang dibutuhkan kemudian klik BUILD



Cara membuat Arch

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek ARCH


atur parameternya sesuai yang dibutuhkan kemudian klik BUILD



Cara membuat Sphere

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek SPHERE


atur parameternya sesuai yang dibutuhkan kemudian klik BUILD



Cara membuat Torus

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek TORUS


atur parameternya sesuai yang dibutuhkan kemudian klik BUILD


Selanjutnya buatlah material hijau


kemudian buatlah materila biru


Pasang setiap material pada objek yang sudah dibangun

Selanjutnya adalah langkah yang paling penting yaitu download Variabel Model yang merupakan bagian dari Zetcil Framework




Pasang prefab VarPlay



Centang Mesh Rendere agar kelihatan objek dasarnya



Selanjutnya atur posisi PANDANGAN ANDA, kira-kira seperti pada Scene berikut.

Setelah itu klik GameObject MainCamera


Atur PANDANGAN CAMERA (kotak kecil - Camera Preview) agar sesuai dengan PANDANGAN ANDA (kotak besar - Scene) dan klik menu GameObject > Align With View

Catatan: Langkah ini merupakan langkah super-penting dan merupakan langkah yang akan sering anda gunakan jika melakukan desain dengan Unity. Jadi ingatlah baik-baik! Camkan!



jadikan main camera sebagai child dari varplay 

kemudian klik PLAY dan tes pergerakan denan menekan tombol kyboard

selesai semat mencoba !!!!

No comments:

Post a Comment

Architecture Microservices

  Microservice merupakan pengembangan dari Monolitik Arsitektur. Microservice ini merupakan kumpulan proses independen dan kecil yang ...